BREAKING NEWS
Search

Renaisains Journey



Smatrensains.com, Sragen -  Upacara  pelepesan dipimpin oleh Ustad Arif Dwi Cahyono,  mengawali perjalanan kami, generasi ke-2 Trensains ( Renaisains Generation) yang pertama dan terakhir sebelum rentetan ujian menghadang. Judul perjalanan kami adalah Study Tour, jadi kami tetap belajar walau sedang piknik. Kami sudah mempersiapkan hal ini dari jauh-jauh hari sehingga persiapan benar-benar matang. Tujuan utama adalah kota Malang. Kami mengendarai bus yang disponsori oleh Trensains Tour Agency. Pukul 22.00, kami melaju, memulai perjalanan panjang kami. Alunan musik selalu bersenandung menemani perjalanan malam kami, bersama menikmati indahnya kerlap-kerlip lampu kota yang berpadu dengan suara mesin bus yang membuat telinga tersumbat. Kami pun terlelap.



Hawa dingin mulai terasa, ternyata, kami sudah sampai di masjid A.R. Fakhrudin Universitas Muhammadiyah Malang. Di sana kami melaksaakan shalat subuhberjama’ah, MCK, makan pagi, serta mengambil beberapa foto shelfie agar kelak kami bisa mengenangnya dan menceritakannya kepada anak cucu kami.



Setelah mendapat breafing dari panitia, kami langsung melaju ke tujuan pertama, yaitu Universitas Brawijaya. Pukul 08.20 kami tiba di halaman parkir UB. Padahal, agenda kunjungan dan diskusi akan dimulai pada pukul 09.00. Akhinya, kami dipersilahkan untuk berkeliling mengitari kampus UB dan merasakan sensasi menjadi mahasiswa UB. Diskusi dimulai. Sangat di sayangkan, kami tidak bisa masuk ke laboratorium dikarenakan sedang berlangsung Ujian Tengah Semester (UTS) bagi para mahasiswa UB.



Setelah berdiskusi dengan beberapa perwakilan dari dekan FMIPA UB, tempat selanjutnya adalah rumah ke dua kami, Rusunawa UMM. Disana, kami di tempatkan di kamar-kamar yang mirip dengan asrama kami di Sragen.



Selanjutnya, kami berlabuh dan berkunjung ke Fakultas Teknik Informatika UMM. Sesampainya kami di laboratorium teknik informatika, kami langsung santap siang ditemani komputer yang telah siap beraksi yang sepertinya sudah lama menanti kami. Pertama, kami di berikan teori mengenai teknik informatika. Kami kira hal tersebut sangat mebosankan. Benar bukan..??. Jika sudah tersebutkan teori, pasti akan muncul sugesti yang membosankan. Tapi ternyata, teknik informatika sangat menarik. Kami berdiskusi tentang banyak hal baru, mulai dari sistem jaringan sampai membicarakan sistem keamanan yang digunakan oleh Washington DC. Bagian terseru adalah saat kami praktik secara langsung.  



Setelah seharian kami bergelut di uiversitas, tibalah saat berlibur dan merefreshkan fikiran. Pukul 17.00 kami melanjutkan perjalanan ke Batu Night Spektakuler(BNS). Tentunya dengan keadaan perut yang sudah terisi.  Waktu bermain kami 3 jam. Seru, kami berteriak histeris saat mencoba beberapa wahana.



Pukul 21.00, kembali ke rusunawa dan langsung beristirahat. Karena esoknya masih ada berderet kegiatan yang sudah menanti.



Pagi-pagi sekali, kami sarapan dilanjutkan menulis laporan hasil kunjungan beberapa  kampus yang sudah terkujungi untuk memastikan sekaligus membuktikan bahwa kami memperhatikan dengan baik. Nantinya, laporan ini akan di bukukan sebagai contoh untuk adik kelas kami.



Universitas Islam Negeri Malang telah menanti. Tepat pada pukul 09.00 kami memulai study kami dengan beberapa perwakilan dari dekan Fakultas SAINTEK, seperti saran sang kreator Trensains, Agus Purwanto, D.Sc. Kami membahas banyak hal baru yang menarik, karena UIN sedikit berbeda dari universitas sebelumnya. Saat pertama akan memasuki aula, kami disambut dengan galeri dari jurusan Arsitektur yang sangat mempesona dan menyejukkan mata. Terdapat banyak sekali miniatur gedung yang tertata rapi menawan. Membuat siapapun yang mendangnya akan terkesan. Diskusi selesai, dilanjutkan kunjungan lab. Tapi sayangnya, hanya sebagian kami yang dapat memasuki lab jurusan Biologi, dikarenakan kurangnya komunikasi. Foto bersama mengakhiri kunjungan kami di UIN.



Study sudah berakhir, saatnya bagi kami menghabiskan waktu yang tersisa dengan sebaik-baiknya. Bus kami melaju menuju JATIMPARK 2. Sampai dilokasi, kami mengisi amunisi terlebih dahulu. Selepas itu, kami langsung tancap gas menyantap semua wahana yang ada. Bahkan salak satu dari kami ada yang mendapat ciumn dari singa laut lho.., keren kan??



Kesenangan kami berakhir saat waktu menunjukkan pukul 17.00. Saatnya berpisah dari Kota Apel. Sebelum kembali ke kampung halaman, kami menyempatkan membeli oleh-oleh dan santap malam di sana.



Kabut yang beranjak turun menemani perjalanan pulang kami. Ramainya lalu lintas yang menunjukkan aktivitas lalu-lalang yang masih aktif walau rembulan telah menampakkan dirinya. Kami harus mengakhiri kebersamaan kami, suatu hal yang sangat disayangkan.



Rabu, 01 November pukul 01.00 dini hari, kaki kami kembali memijaki tanah Sukowati. Dengan langkah sempoyongan kami berjalan menuju kampus kami tercinta.



Terima kasih kami haturkan kepada pihak sekolah beserta segenap panitia yang telah mensukseskan acara ini. Tak lupa terima kasih pula kepada pihak universitas yang telah berkenan kami kunjungi. Kami mendapatkan banyak hal baru dan pengalaman yang sangat berharga. Harapan diadakannya kunjungan kampus ini adalah Renaisains Genration kembali semangat menjalani hari-hari yang akan ditemani dengan berbagai ujian yang menemani,  memperluas wawasan dan mengambil hikmah dari setiap kejadian yang sudah terlewati, fokus belajar meniti masa depan yang sudah terlihat jelas di depan mata. Membawa nama baik orang tua dan almamater kami, insyaAllah kami siap bertempur di medan perang ujian dan mengharumkan nama Trensains. Amiin..



(Najmul Laila XII B)



nanomag

Terimakasih atas kunjungan anda kritik dan saran anda sangat berarti buat kami


0 thoughts on “Renaisains Journey