BREAKING NEWS
Search

Ke Malang, Santri Trensains Sambangi UMM




Smatrensains.com - Dengan berseragam jas IPM, ke-45 serdadu Trensains generasi 2, Renaisans Generation didampingi oleh 6 guru pendamping melanjutkan kunjungan kampus di jurusan teknik informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kami sampai di Fakultas Teknik UMM pada pukul 12.45, dan langsung diantarkan menuju lab jurusan teknik informatika. Kunjungan yang diadakan pada 31 Oktober 2016 ini mendapat sambutan hangat dari Ketua Jurusan Teknik Informatika, bapak Yuda Munarko, S.Kom, M.Sc.

Universitas Muhammadiyah Malang didirikan pada tahun 1964, dan merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah JakartaPada waktu itu, Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai 3 (tiga) fakultas, yaitu (1) Fakultas Ekonomi, (2) Fakultas Hukum, dan (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Agama. Pada tanggal 1 Juli 1968 Universitas Muhammadiyah Malang resmi menjadi universitas yang berdiri sendiri (terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta), yang penyelenggaraannya berada di tangan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang.

Universitas Muhammadiyah Malang pada saat ini mengelola 10 Fakultas, 1 Program Pascasarjana dan 2 Program Doktor.  Dari semua fakultas ini terdapat: 3 Prodi Diploma, 33 Prodi Starata 1, 7 Prodi Pascasarjana, 2 Program Doktor dan 2 Prodi Program Profesi.  Perkuliahan tersebar di 3 kampus, yaitu Kampus 1 (Program Pascasarjana dan Doktor), Kampus II (Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan), dan selebihnya kuliah di Kampus III.

Jurusan teknik informatika pertama kali berdiri pada tahun 2005, dan memiliki visi “Menjadi Jurusan yang Unggul dan terdepan dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang bermoral, berbudaya, dan bertaqwa kepada Allah SWT”. Dengan 56 dosen ditambah 2 dosen tamu, jurusan ini cukup diminati calon mahasiswa. Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 275 mahasiswa baru diterima dari sekitar 1300 pendaftar. Jumlah mahasiswa aktif untuk saat ini adalah 1500 mahasiswa.

Jumlah lulusan per September 2016 sebanyak 1750 lulusan, dengan serapan lulusan di industri kreatif, wiraswasta, instansi pemerintah, serta instansi swasta di dalam dan luar negeri. Jurusan ini memiliki 4 Lab, yaitu: Lab Desain Aplikasi dan Multimedia, Lab Jaringan Komputer, Lab Rekayasa Perangkat Lunak dan Sistem Informasi. Sementara hal-hal yang dipelajari adalah matematika, logika matematika, bahasa pemrogaman, algoritma dan struktur data, serta basis data jaringan komputer.

Setelah Sambutan diberikan oleh bapak Yuda Munarko, S.Kom, M.Sc. , sesi materi dan diskusi dipimpin oleh saudara Ghazali, alumnus teknik informatika UMM. Beliau menjelaskan tentang Computer Network. Computer Network atau jaringan komputer adalah metode terhubungnya satu komputer dengan komputer lain. Dengan adanya jaringan  inilah, seluruh komputer di seluruh dunia dapat terhubung.

Kami begitu antusias dengan materi yang diberikan. Pertanyaan demi pertanyaan mengalir dalam sesi diskusi ini. Salah satu pertanyaan menarik adalah pertanyaan yang ditanyakan oleh Safrina Widi R (XII B), mengenai sistem keamanan di Amerika Serikat. Seperti yang kita lihat di film-film berbau action, negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara di benua eropa memiliki sistem dan jaringan keamanan yang tinggi. Di Amerika Serikat, setiap traffic light yang berada di negara tersebut tersambung dan diatur oleh pusat keamanan, seperti kepolisian. Ketika terjadi kemacetan di sebuah titik, pihak kepolisian dapat merekalkulasi traffic light yang ada untuk menghindari kemacetan. Sayangnya, di Indonesia sistem tersebut belum diterapkan.

Kunjungan kami ke jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang telah membuka pikiran kami mengenai Teknik Informatika, sekaligus memberikan kesan berarti bagi seluruh member Renaisans Generation. (Rania Nawra, 12 B)



nanomag

Terimakasih atas kunjungan anda kritik dan saran anda sangat berarti buat kami


0 thoughts on “Ke Malang, Santri Trensains Sambangi UMM